Bersiap Untuk Mobile Marketing

Perangkat komunikasi bergerak yang sering dikenal sebagai telepon pintar atau smartphone terus berkembang, baik dari segi kecanggihan teknologi yang diusungnya maupun popularitasnya. Bukan lagi hanya melayani komunikasi bergerak konvensional seperti telepon dan SMS, smartphone sekarang memiliki fungsi-fungsi tak ubahnya seperti sebuah komputer, dari mulai email dan browsing internet sampai mengedit dokumen dan olah foto digital.

Mengingat fungsinya yang semakin mendekati komputer, tentunya apa yang tadinya hanya bisa dilakukan orang dengan menggunakan komputer akan mulai dilakukan dengan smartphone. Jika tadinya orang mengirim email harus menggunakan komputer, sekarang kita bisa mengirim email dengan menggunakan smartphone. Artinya mereka yang biasa berbelanja secara online dengan menggunakan komputer juga akan mulai melakukannya dengan menggunakan smartphone.

Karena itu pakar dan praktisi online marketing sudah bersiap-siap bahkan banyak yang sudah mulai melangkah menuju mobile marketing, memasarkan barang dan jasa melalui perangkat smartphone.

Sekarang ini popularitas smartphone mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Dimanapun kita berada kita dengan mudah menemukannya, di super market, di dalam kereta, di bioskop, bahkan di dalam kelas anak-anak sekolah sekarang menyelipkan smartphone di dalam tasnya.

Tidak seperti komputer, smartphone dibawa-bawa si empunya kemanapun dia pergi. Banyak orang bahkan membawa iPhone-nya ketika dia masuk WC. Jika komputer ? meskipun laptop yang super mungil dan cantik ? dihubungkan orang dengan pekerjaan, smartphone lebih erat hubungannya dengan gaya hidup, sehingga dengan mudah akan menjadi bagian dari budaya global.

Karena itu banyak orang meyakini bahwa mobile marketing akan menjadi lebih strategis dibandingkan online marketing konvensional yang dilakukan melalui website yang hanya dapat diakses dengan nyaman melalui browser komputer.

Sebuah survey yang dilakukan CTIA baru-baru ini menunjukkan bahwa di Amerika Serikat jumlah pengguna jaringan nirkabel ? jaringan komunikasi data yang biasa dipakai oleh perangkat smartphone ? telah melampaui jumlah penduduk. Pemakai smartphone bertambah dari 61,2 juta menjadi 95,8 juta dalam waktu kurang dari 2 tahun terakhir.

Yang paling menarik adalah survey yang dilakukan oleh Mobile Commerce Daily yang menunjukkan bahwa pada tahun 2011 50% pengguna memakai smartphone untuk berbelanja.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa dengan efektif memanfaatkan gelombang baru ini? Kita bisa dengan fasih berbicara teori untuk memanfaatkan revolusi teknologi ini untuk kepentingan bisnis, tapi seperti biasa, teori lebih mudah diucapkan daripada dijalankan. Apa saja yang perlu kita pertimbangkan dan persiapkan sehingga ketika kita terjun, investasi kita di kancah mobile marketing ini bisa memberikan ROI yang dapat dipertanggungjawabkan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.