Twitter, Apaaan Tuh?

Twitter menyebut dirinya sendiri sebagai layanan untuk teman, keluarga, dan rekan kerja untuk berkomunikasi dan tetep terhubung melalui pertukaran jawaban atas sebuah pertanyaan singkat ?What are you doing??

Seperti saya sendiri, kayaknya kebanyakan orang yang baru mengenali Twitter nggak beneran ngeh dengan arti deskripsi di atas. Untuk mempermudah memahami mekanisme komunikasi melalui fasilitas pesan singkat ini, mulailah dengan memahami Twitter sebagai model baru komunikasi online. Twitter adalah bentuk komunikasi online baru, yang memungkinkan kita memantau komunikasi orang lain dengan cara yang berbeda.

Saat ini kita mengenal email, instant messanger, media komunikasi verbal seperty Skype, dan sebagainya untuk komunikasi personal langsung. Sementara untuk distribusi komunikasi, antara satu orang dengan banyak penerima kita mengenal blog yang memungkinkan tulisan kita tersebar dengan cepat melalui RSS.

Twitter merupakan kombinasi dari berbagai media komunikasi tadi. Permedaan utamanya adalah setiap posting, sering disebut sebagai tweet, dibatasi hanya sampai maksimum 140 karakter. Sebagai pemakai kita bisa mem-posting update kita atau mengikuti (dikenal dengan istilah follow) update dari pemakai lain. Selain itu kita juga dapat memberikan tanggapan baik secara publik maupun pribadi.

Meskipun pada intinya kita hanya memberikan jawaban dari pertanyaan ?What are you doing??, tweet sudah berkembang menjadi media komunikasi sehari-hari dalam berbagai bentuk, misalnya berbagi link konten web yang menarik, ngobrol mengenai topik tertentu, foto, video, musik, bahkan kondisi terkini yang diposting orang yang kebetulan berada di daerah krisis melalui perangkat mobile seperti handphone.

Jadi secara fungsional twitter berada di antara chatting dan blogging. Komunikasi langsung mengenai apa yang kita alami, pikirkan, dll. dilakukan melalui chatting. Bahasan lebih mendalam mengenai topik yang kita ingin juga dibaca orang lain, publik, dapat menggunakan blog. Hal-hal yang kecil, pendek, perlu cepat, kita pakai Twitter.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.