Facebook untuk Bisnis Online

Sama seperti media komunikasi lain seperti telepon dan telepon genggam, Facebook merupakan perangkat yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antar pribadi maupun bisnis. Karena itu, seperti halnya telepon, Facebook bisa dimanfaatkan menjadi fasilitas yang memberi manfaat luar biasa bagi kebutuhan bisnis. Disini kita akan membahas beberapa fasilitas yang disediakan Facebook, yang dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan bisnis, terutama pemasaran.

Public Profile

Public Profile Facebook, dikenal juga sebagai Facebook Page merupakan media yang ideal bahi bisnis untuk mempresentasikan keberadaannya dalam jaringan sosial. Sayangnya juga paling sering dilewatkan orang.

Kebanyakan perusahaan menggunakan fasilitas Facebook lain untuk presentasi, misalnya Groups, dan tidak melirik Public Profile. Mungkin karena facebook memasukan Public Profile di bawah kategori Advertising, sehingga orang berfikir bahwa ini merukapan fasilitas berbayar, padahal fasilitas ini dapet dipergunakan secara gratis.

Publik Profile dalam hal design dan fungsi sama dengan User Profile, tapi memungkinkan pemakai untuk menyatakan dukungannya terhadap suatu perusahaan dengan menambahkan dirinya sebagai Fans, mereka juga dapat menulis di Wall, mengupload foto dan video, dan bergabung dengan fans lain untuk menyatakan pendapatnya terhadap topik-topik yang beredar di dalam kelompok diskusi.

Kita bisa mengirimkan update kepada pada Fans. Tidak seperti Personal Profile yang membatasi 5,000 anggota, jumlah Fans untuk Public Profile tidak dibatasi. Selain itu kita bisa membuat halaman bisnis tanpa harus memberikan Personal Profile.

Hal terpenting mengapa kita harus menggunakan Public Profile adalah karena halaman ini di-index search engine. Ini menjadi semakin strategis karena Facebook sendiri merupakan salah satu website dengan traffic tertinggi. Jadi jika dikenali Google dan search engine lain merupakan hal penting bagi bisnis anda, masuk akal kalau anda menggunakan Public Profile. Setelah anda membuat Public Profile untuk bisnis anda, jadikan itu basis komunikasi anda.

Events

Fasilitas Facebook lain yang juga sangat bermanfaat adalah Events yang dapat diluncurkan langsung dari Public Profile. Dengan fasilitas ini kita bisa mengabari Fans tentang event dan aktivitas bisnis lain yang akan anda selenggarakan. Sebuah restoran dapat menggunakan Events untuk mempromosikan penampilan live music misalnya. Sebuah perusahaan B to B dapat mempromosikan jadwal sebuah workshop yang akan diselenggarakan. Kelompok non-profit dapat menggakalang dukungan terhadap aktifitas pengumpulan dana amal.

Ingat bahwa aktivitas yang dilakukan pemakai Facebook terekam dalam newsfeed, dan karena itu dapat menyebar dengan sangat cepat melalui mekanisme viral.

Groups

Groups memungkinan kita membuat dan melibatkan diri dalam 200 kelompok berbasis karakteristik, misalnya secara geografis. Masing-masing dapat divungsikan sebagal saluran viral untuk memperluas jangkauan promosi kita di dalam Facebook, dan dapat dipakai sebagai kolam tempat kita memancing prospek dan membangun hubungan.

Sebelum mebuat Group sendiri, cobalah berpartisipasi dalam beberapa Group untuk mempelajari mekanismenya. Seperti halnya Event, Group merupakan suplemen, bukan substitusi bagi halaman bisnis kita.

Ads

Ads merupakan jelmaan AdSense milik Google. Basisnya tekstual, tapi menyertakan sebuah gambar kecil masih dimungkinkan. Kita dapat memasukan Social Actions, catatan naratif tentang pemakai lain relevan dengan apa yang kita tawarkan pada halaman bisnis.

Setiap pemakai lain melakukan sesuatu yang berhubungan dengan Ads, avatar dan nama pemakai tersebut akan muncul bersamaan dengan Ads pada Profile Page ybs. Manfaat yang dihasilkan adalah dukungan eksternal, jadi pergunakanlah dengan hati-hati.

Masalah dengan Ads baik pada Facebook maupun media sosial lainnya adalah jarangnya pengunjung meng-click Ads. Click-through rate rata-rata untuk Ads pada facebook adalah 0.008%, artinya 80 click setiap 10,000 kali ditampilkan. Orang tidak mengunjungi situs media sosial untuk melihat iklan, mereka datang untuk bersosialisasi. Tapi sama dengan dalam berbagai segi kehidupan lainnya, orang menonton televisi bukan untuk melhat iklan, tapi iklan TV tetap menjadi media periklanan yang sangat dominan.

Apps

Salah satu yang sangat menarik dalam Facebook adalah widgets, aplikasi kecil yang oleh Facebook disebut sebagai Apps. Aplikasi ini tidak dibuat oleh Facebook, tapi oleh programmer-programmer independen. Jumlahnya ribuan dengan berbagai kategori dari game sampai musik, dari yang sangat menarik sampai yang cenderung konyol. Pemakai Facebook bisa membuang waktu berjam-jam untuk bermain-main dengan Apps.

Beberapa aplikasi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis dalam Facebook. Salah satu caranya adalah dengan membangun applikasi promosi yang biasa disebut appvertisements, yang menghubungkan perusahaan kita dengan orang-orang yang ingin menjangkau produk yang kita tawarkan dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif.

Salah satu perusahaan yang sukses dengan mekanisme promosi ini adalah Buddy Media. Mike Lazerow, CEO Buddy Media, menyatakan bahwa rata-rata pemakai menghabiskan 2 menit dan 35 detik dalam appvertisement, 75 kali lipat lebih lama daripada waktu yang mereka habiskan dalam interaksi dengan media promosi online lain seperti banner.

Kita tidak harus menulis program aplikasi sendiri. Kita bisa mengintegrasikan sejumlah aplikasi berorientasi bisnis untuk mempromosikan bisnis kita. Sebaiknya anda menelusuri katehori bisnis untuk mencari aplikasi yang relevan untuk bisnis kita sendiri.

Lexicon

Lexicon dibuat Facebook untuk menyaingi Zeitgeist milik Google, sebuah fasilitas untuk menandai dan membandingkan sejumlah tren dalam jaringan. Dengan Lexicon kita memasukan satu kata atau kombinasi dari dua buah kata kemudian membandingkan sampai lima frasa untuk menggali dan menganalisa jutaan posting pada Wall.

Hasil yang didapatkan dipresentasikan secara visual dalam bentuk grafik. Bagi ahli-ahli pemasaran, data yang terpantau dapat dipergunakan untuk memahami keinginan para pemakai Facebook.

Share

Share adalah sebuah tombol yang bisa kita tambahkan ke dalam website agar pemakai Facebook dapat memberitahukan website kita pada teman-teman Facebooknya, sehingga bisa mendatangkan traffic yang lebih banyak. Memasang Share tidak susah tapi memerlukan sedikit pengetahuan HTML.

Connect

Connect merupakan langkah evolusi terbaru dari platform Facebook. Dengan Connect, pemakai Facebook dapat masuk ke website-website lain dengan menggunakan identitas Facebooknya, sehingga berbagai macam setting pribadi seperti identitas, jaringan teman, dan privacy setting akan ikut terbawa. Dengan fasilitas ini kita tidak perlu memiliki login dan profil pada setiap website, cukup satu profil, profil Facebook yang bisa kita pakai untuk masuk ke website-website lainnya.

Manfaat strategis dari keterbukaan Facebook ini adalah:

Pertama Facebook yang tadinya tertutup sekarang terbuka terhadap seluruh jaringan internet melalui website-website lain, artinya website perusahaan kita bisa menjadi salah satunya.
Kedua Conect tidak hanya sistem registrasi tapi saluran pemasaran lengkap dengan jutaan pemakai, sebagian diantaranya mungkin dapat menjadi pelanggan anda.
Personal Profile

Sosial media adalah media untuk bersosialisasi, yang artinya antar manusia. Karena itu pemakainya akan lebih tertarik untuk berinteraksi dengan sesama manusia, sesama pemakai, daripada merk produk tertentu. Kalaupun itu kemudian mengarah pada urusan bisnis, paling tidak mereka akan berfikir ?saya lebih suka berbisnis dengan orang yang saya kenal dan saya percayai?.

Karena itu imbangilah presentasi Public Profile perusahaan anda dengan Personal Profile yang relevan dimana anda membangun jaringan pribadi antar individu, menjadikan anda nara sumber terpercaya untuk hal yang relevan dengan produk yang anda tawarkan.

Yang harus anda ingat adalah jangan menjual melalui profil pribadi. Biarkan orang mempercayai anda karena pengetahuan dan wawasan yang anda bagi.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.