Teknik SEO, Mudah Difahami? Tentu!

Selain memiliki isi yang bermanfaat bagi pengunjungnya, website harus mudah difahami oleh pengunjung. Meskipun website kita sarat dengan informasi penting atau produk yang sangat dibutuhkan, jika pada saat masuk ke homepage kita pengunjung kebingungan untuk berpindah ke halaman lain, dapat dipastikan dia akan berpindah ke website lain.

Pemahaman para perancang website terhadap aspek ini bermacam-macam. Anda perlu berhati-hati jika berdiskusi dengan perancang website yang akan anda sewa untuk membangun website anda. Kebanyakan perancang website adalah seniman digital atau ahli komputer. Komunikasi pemasaran dan interaksi pelanggan sama sekali jauh dari cakupan disiplin ilmu yang mereka miliki.

Kemudahan website untuk difahami telah menjadi tuntutan pemakai sejak media internet mulai dipergunakan untuk tujuan komersial. Ketika pengunjung meng-clickalamat website kita dari daftar hasil pencarian mesin pencari, pengunjung ingin agar website bekerja untuk mereka. Mereka harus dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari, untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain.

Kita harus mengasumsikan bahwa kesabaran pengunjung itu sangat terbatas. Mereka tidak akan marah ? atau kalaupun marah kita tidak akan melihatnya ? tapi mereka akan dengan mudah meninggalkan website kita. Mereka tidak mau menunggu lama sampai halaman kita yang dirancang dengan indah muncul di layar. Mereka menghargai keindahan.

Tapi keindahan bukanlah hal yang mereka cari dengan berkunjung ke website kita, mereka mencari informasi. Jika mereka tidak menemukan informasi yang dicarinya, keindahan website tidak akan membuat mereka menunggu lebih lama sebelum pergi ke website lain. Mereka tidak mau menunggu lama sampau halaman terbuka, mereka tidak menginginkan grafik animasi yang canggih, dan lebih penting lagi mereka benci tersesat di dalam website.

Ini semua merupakan elemen kemudahan pemakaian. Meskipun mesin pencari bukan manusia, kemudahan pemakaian juga perpengaruh pada SEO, terutama link dan waktu yang diperlukan untuk membuka halaman website.

Pada saat crawler mesin pencari berkunjung, dia akan menjelajahi website, mencari kata kunci, link, petunjuk-petunjuk kontekstual, meta dan HTML tag, dan semua elemen SEO lainnya. Crawler akan bergerak dari satu halaman ke halaman lainnya untuk meng-indeks apa yang ditemuinya untuk dimasukkan ke dalam database pencarian. Tapi jika pada saat masuk ke homepage crawler tertahan animasi flash yang anda buat, atau mengikuti link yang ternyata tidak ada isinya atau isinya tidak relevan, crawler akan mengidentifikasi dan mencatatnya. Ini jelas akan mempengaruhi ranking website anda.

Navigasi

Navigasi adalah jalan untuk bergerak di dalam website, dari satu halaman ke halaman lainnya. Ada dua jenis yang kita kenal, navigasi internal yang membawa pengunjung ke halaman lain di dalam website kita, dan navigasi eksternal yang membawa pengunjung ke website lain atau halaman tertentu di website lain. Kita harus memastikan bahwa kedua jenis navigasi ini bekerja dengan baik.

Cobalah telaah website-website yang memiliki rangking bagus di mesin pencari dan pelajari pola rancangan layout nya. Umumnya anda akan melihat satu kolom di sebelah kiri yang memuat navigasi berupa link dalam bentuk teks. Sebagian ada yang juga memiliki baris navigasi di bagian atas.

Pada bagian lain berisi teks yang juga menyisipkan link ke halaman-halaman tertentu. Kebanyakan website ini memiliki pola layout yang kurang lebih sama. Membosankan? Mungkin. Apakah anda terinspirasi untuk membuat sesuatu yang berbeda? Jika ya, anda perlu sangat hati-hati. Pola ini diterapkan karena telah terbuti berhasil.

Memiliki navigasi berbentuk teks yang terkumpul pada satu tempat akan memudahkan navigasi. Posisi di kiri atau di atas memiliki dua hal: Untuk pengunjung, otak manusia mengendalikan mata sedemikian ruka sehingga hal yang berada di sebelah kiri dan atas mendapat perhatian pertama. Jadi sebelum mulai memperhatikan bagian lain, mereka sudah bisa melihat dimana ada ?pintu?. Untuk mesin pencari, secara tekstual kiri dan atas akan dibaca lebih dulu.

Tombol-tombol yang berupa gambar atau yang dikendalikan oleh kode program mungkin akan menyulitkan mesin pencar, bahkan mungkin sama sekali tidak dapat teridentifikasi. Itulah alasan mengapa banyak website, terutama yang memiliki navigasi berbasis gambar juga menyertakan navigasi berbasis teks. Pengunjung biasa akan senang menggunakan alat navigasi yang menarik secara visual, dan mesin pencari dapat diakomodasi oleh link berbasis teks.

Selain kolom dan baris navigasi, kebanyakan website yang memiliki ranking yang bagus di mesin pencari juga memiliki link berbasis teks ke halaman-halaman tertentu yang disisipkan di dalam teks. Link ini berupa teks yang relevan baik dengan halaman yang dituju, maupun dengan konteks kalimat di sekitarnya, dan merupakan kata kunci yang ditargetkan. Ini baik untuk SEO karena mesin pencari menemukan hubungan yang solid diantara halaman-halaman website.

Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mendongkrak performa SEO. Crawler mesin pencari datang mengunjungi website melalui homepage, menganalisa struktur navigasi melalui link, menganalisa isi halaman, menemukan hubungan yan kontekstual diantara keduanya.

Kemudian mengikuti link tersebut ke halaman lain yang ternyata memiliki hubungan kontekstual yang kuat baik dengan halaman sebelumnya maupun link yang menghubungkan keduanya, dan semuanya relevan dengan kata kunci yang ditargetkan. Secara ringkas begitulah mesin pencari menganalisa relevansi isi website kita dengan kata kunci yang kita targetkan.

Sediakanlah waktu yang cukup untuk memikirkan secara matang rancangan struktur navigasi di website kita yang tidak hanya nyaman bagi pemakai tapi juga mudah bagi mesin pencari. Jika anda berada pada situasi dimana menciptakan hal yang baik untuk mesin pencari tidak memungkinkan, pastikan anda masih bisa memberi kenyamanan pada pengunjung.

Mengapa? Karena SEO merupakan komposit dari berbagai macam elemen yang saling menunjang, tapi pengunjung yang datang dan datang lagi, membeli dan membeli lagi merupakan tujuan utama. Mesin pencari melakukan segalanya untuk kepentingan pemakainya, dan website yang sering dikunjungi akan dianggap sebagai ssumber informasi yang penting dan karena itu layak mendapatkan ranking yang tinggi.

Prioritaskan Pengunjung

Ada banyak situasi dimana kita tidak bisa memenuhi selera pengunjung yang akan membeli produk kita dan crawler mesin pencari yang menentukan ranking, kedua-duanya, secara maksimal.Selalu prioritaskan pengunjung, karena jika pengunjung senang, dia akan kembali.

Dalam bisnis online, sangat mudah bagi pengujung untuk pergi ke website lain dan tidak pernah kembali lagi ke website kita. Perlu juga diingat bahwa keputusan membeli terkadang tidak terjadi pada kunjungan pertama. Karena itu pengunjung yang datang kembali sangat menentukan sukses bisnis online kita.

Anda mungkin akan mengemukanan argumen yang bertentangan seperti ?untuk mendapatkan kunjungan kedua, kita harus mendapatkan kunjungan pertama terlebih dahulu, dan disitulah letak SEO dimana crawler memegang kunci?. Jadi mana yang terlebih dahulu hadir di muka bumi, telur atau ayam?

Ada solusi untuk menyiasatinya. Ketika anda merasa bahwa selera pengunjung berbeda dengan selera mesin pencari, utamakan pengunjung, dan buatlah SITEMAP untuk mesin pencari. Ada dua jenis sitemap. Pertama adalah ringkasan dari struktur navigasi website yang dibuat dalam bentuk teks link, tidak lain adalah peta ke semua halaman website.

Gunakanlah kaidah-kaidah SEO standar dalam membuat sitemap, gunakan teks link, gunakan kata kunci yang relevan pada achor text, usahakan untuk mendapatkan relevansi yang kuat antara anchor text dengan isi halaman yang dituju. Jangan lupa untuk membuat link berbasis teks dari homepage website ke halaman sitemap ini. Banyak dipercayai ? dan karena itu sebaiknya diikuti ? bahwa yang paling baik adalah menggunakan kata ?sitemap? baik sebagai anchor text maupun nama filenya.

Jika crawler mesin pencari menemukan sitemap pada website kita, dia akan mengikuti seluruh link yang ada, kemudian mengunjungi, membaca, dan menganalisa satu per satu halaman yang dituju oleh setiap link pada sitemap.

Dengan deminkian semua halaman akan dibaca dan dimasukkan ke dalam indeks mesin pencari, dan akan muncul pada daftar hasil pencarian untuk kata kunci yang relevan. Seberapa tinggi rankingnya ditentukan seberapa baik optimisasi on-page dan off-page dari masing-masing halaman tersebut.

Selain untuk crawler mesin pencari, sitemap ini dapat juga bermanfaat untuk pengunjung biasa. Jika mereka menemukan kesulitan dalam memahami sistem navigasi dalam website anda, sitemap dapat membantunya dengan menunjukkan jalan dalam bentuk yang sangat sederhana.

Tipe sitemap yang kedua adalah sitemap XML yang memiliki format khusus yang sangat spesifik. Tipe sitemap iniditujukan hanya untuk crawler mesin pencari. Dalam format khusus, file sitemap XML pada dasarnya berisi link ke semua halaman yang ada di dalam website kita.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.