Judul Halaman, Seberapa Berpengaruh Untuk SEO?

Judul halaman merupakan salah satu elemen kritis dari satu halaman website. Ketika crawler mesin pencari mengunjungi halaman website, judul adalah hal pertama yang dicari. Baru kemudian menganalisa elemen-elemen tekstual lainnya.

Dalam analisa ini crawler mengukur relevansi antara judul dengan isi komponen tekstual lainnya. Sisi lainnya adalah ketika halaman website sudah di-index kemudian ditampilkan pada daftar hasil pencarian, judul akan merupakan elemen dominan yang ditampilkan mewakili website kita. Anchor text dari link menuju website kita dari daftar hasil pencarian adalah isi elemen judul.

Jadi perhatikan dua sisi. Pertama sisi mesin pencari agar crawler menemukan relevansi yang kuat antara judul dan komponen tekstual lainnya. Kedua judul itu perlu juga menarik untuk pengunjung. Bayangkan saja jika judul yang kita pilih disukai mesin pencari dan menempatkan website pada halaman pertama daftar hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Tetapi karena bunyi judul yang tidak menarik, calon pengunjung melewati website kita dan lebih memilih untuk meng-click link ke website pesaing kita. Sia-sialah kerja keras kita untuk mendaki puncak mesin pencari.

Beberapa Pertimbangan Penting Dalam Memilih Judul Halaman:

Kecuali perusahaan anda sama terkenalnya dengan Microsoft, jangan menggunakan nama perusahaan sebagai judul. Yang paling tepat adalah menggunakan kalimat singkat yang menggambarkan isi halaman secara keseluruhan. Ini akan membantu mengarahkan crawler mesin pencari untuk menghubungkan halaman website kita dengan kata kunci yang sesuai.

Usahakan untuk tidak melebihi 50 karakter termasuk spasi. Banyak mesin pencari kanya membaca judul sampai jumlah maksimum 50 karakter. Sebagian lain mungkin membaca lebih, tapi tidak akan menampilkan lebih dalam daftar hasil pencarian. Jadi selain memastikan bahwa judul terfokus dengan akurat, membatasi panjang udul memastikan bahwa judul kita tidak akan terpotong pada daftar hasil pencarian.

Pastikan kata kunci yang menjadi target utama masuk ke dalam judul, terutama jika domain anda tidak mengandung kata kunci.

Jangan mengulang kata kunci tertentu pada judul halaman. Pengulangan dalam jumlah kata yang sangat terbatas akan menyebabkan kepadatan yang sangat tinggi secara prosentase, dan beresiko dianggap sebagai upaya mengelabui (spam) mesin pencari. Jadi pastikan anda tidak mengulang kata kunci, apalagi jika itu hanya ditujukan untuk menarik mesin pencari.

Pertimbangkan untuk menggunakan karakter khusus untuk memberikan tekanan, misalnya tanda kurung (( )), tanda lebih besar/kecil <<>>, dll. Penggunaan karakter khusus ini akan menarik perhatian pengunjung, tetapi tidak berpengaruh negatif terkadap SEO.

Masukan kata yang mengundang orang untuk melakukan pembelian. Ada pepatah mengatakan ?orang tidak akan membeli jika anda tidak menawarinya untuk membeli?. Meskipun pepatah ini datang dari pedagang tradisional, tetapi juga perlaku untuk perdagangan online. Jika anda ingin pengunjung membeli, tawarkanlah mereka untuk membeli, mulai dari judul yang mereka lihat di mesin pencari.

Judul halaman ditandai dengan <title> tag dalam kode konstruksi website. Format penggunaannya adalah sebagai berikut:

<title>Judul Halaman Website yang Relevan</title>

Jika anda tidak menggunakan title tag dengan benar, mesin pencari tidak akan mengenalinya. Hal ini pertama akan mempengaruhi hasil analisa. Jika kata kunci tidak ada pada judul (karena tidak ada judul) mesin pencari menganggap bahwa kata tersebut bukan perupakan hal yang penting bagi halaman website anda.

Selain itu pada daftar hasil pencarian, jika halaman website anda ter-indeks, emsin pencari akan memilih sendiri kata-kata yang dianggapnya relevan dari isi tekstual halaman secara keseluruhan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.